PPID DPRD Kab. Sanggau Ikuti Monev Keterbukaan Informasi Badan Publik

Tim Komisioner Komisi Informasi Prov. Kalbar

//Sukardi//Humas Set-DPRD//

Pontianak, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sanggau Ignatius Irianto, S.Sos., M. Si didampingi Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Sekretariat DPRD Kabupaten Sanggau melakukan presentasi di depan komisioner  Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2022 Se-Kalimantan Barat bertempat di Ruang Audio Visual Kantor Gubernur Kalimantan Barat. Rabu (7/09/2022) Siang.

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Darusalam, S.E, Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat, Chatarina Pancer Istiyani, S.S.,M.Hum dan Anggota Komisioner  Lufti Faurusal Hasan, S.P, Ketua PPID Sekretariat DPRD Kab. Sanggau Hubertus Leydin, S.Ap.,M.Sc, Admin PPID Sekretariat DPRD Kab. Sanggau Sukardi, S. Kom, serta para tamu undangan dari badan publik lainnya.

Sekretaris DPRD Kabupaten Sanggau, Ignatius Irianto dalam presentasi monev tersebut, menjelaskan tentang komitmen badan publik dalam mewujudkan layanan publik yang berkualitas. Pertama, badan publik harus memiliki regulasi atau dasar hukum sebagai acuan atau pedoman dalam memberikan layanan publik. Kedua, ketersediaan dan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) PPID badan publik. Ketiga, sarana dan prasarana pelayanan informasi publik.

Selain ketiga hal diatas, perlu juga adanya peningkatan kualitas SDM tentang keterbukaan informasi publik serta dukungan anggaran untuk PPID badan publik, ujar Ignatius Irianto.

Berkenaan dengan PPID Sekretariat DPRD Kabupaten Sanggau, Sekretaris DPRD Ignatius Irianto mengatakan bahwa dalam memberikan layanan publik dan pengelolaan informasi publik, PPID Sekretariat DPRD selalu melakukan koordinasi internal penyediaan informasi publik maupun koordinasi eksternal guna optimalisasi pelayanan dan mengumumkan informasi publik seperti di media sosial (medsos) diantaranya: Website, Facebook, YouTube maupun Instagram dan lainnya.

Selanjutnya di sesi tanya jawab, Ketua KI Prov.Kalbar Muhammad Darusalam, S.E, bertanya tentang sejauhmana badan publik dalam pengamanan arsip atau dokumen baik secara offline mau secara online. Wakil Ketua KI, Chatarina Pancer Istiyani, S.S.,M.Hum bertanya tentang dukungan anggaran PPID dan mengenai koordinasi eksternal oleh PPID badan publik. Berikut, Anggota Komisioner Lufti Faurusal Hasan, S.P, bertanya sejauhmana upaya PPID Sekretariat DPRD Kab. Sanggau dalam peningkatan SDM dan apakah sudah memiliki aplikasi android dalam pelayanan publik.

Selanjutnya, dari beberapa pertanyaan diatas oleh Komisioner KI, tim PPID Sekretariat DPRD menjelaskan dalam pengamanan arsip atau dokumen bahwa sejauh ini arsip atau dokumen tersebut bisa disimpan di google clouds, google drive dan manualnya di lemari arsip kantor. Berikut dalam peningkatan SDM pengelola layanan, PPID Sekretariat DPRD telah mengikuti rakor baik tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi, berkaitan dengan aplikasi android untuk saat ini masih terus diupayakan oleh PPID Sekretariat DPRD, kemudian mengenai dukungan anggaran dalam layanan publik sudah dilakukan di bagian tertentu di Sekretariat DPRD, selanjutnya terkait koordinasi eksternal yang telah dilaksanakan oleh PPID Sekretariat DPRD diantaranya: koordinasi dengan PPID Kabupaten, koordinasi dengan PPID badan publik di instansi vertikal serta dengan PPID Provinsi dan KI Provinsi.

Wakil Ketua KI Chatarina Pancer Istiyani dalam kesempatan yang sama, menjelaskan bahwa presentasi tersebut bertujuan untuk melengkapi komposisi penilaian PPID setiap badan publik serta untuk melihat komitmen PPID yang ada di setiap daerah dalam upaya meningkatkan kapasitas PPID dan inovasinya, dengan tujuan untuk melengkapi komposisi penilaian, yakni dari SAQ 60% nilainya dan presentasi 40% nilainya.

“Oleh karena itu, kami di sini menilai tentang komitmen dan di dalam komitmen ini terdapat anggaran, kemudian regulasi, serta penyediaan dan kesiapan sarana prasarana sampai ke SDM agar setiap badan publik yang ada memiliki peningkatan baik itu peningkatan kapasitas PPID nya maupun inovasinya,” jelas Chatarina Pancer Istiyani.

 379 Total dilihat

Bidang Sekretariat

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
  •