SEBANYAK 107 PESERTA BERLAGA DI TURNAMEN MENEMBAK SABANG MERAH CUP 2021

 
//Humas Set-DPRD//
SANGGAU, Sebanyak 107 peserta berlaga di turnamen menembak Sabang Merah Cup I Tahun 2021 dan begitu antusiasnya peserta yang berdatangan dari berbagai wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau guna mengikuti turnamen tersebut yang diselenggarakan oleh Pengurus Kabupaten (Pengkab) Perbakin Sanggau.
Turnamen menembak Sabang Merah CUP I dilaksanakan pada Sabtu (20/11/2021) bertempat di GOR Pancasila Sanggau Permai dengan mengusung tema “Melangkah Bersama dan Berprestasi”.
Tampak hadir pada acara pembukaan perwakil dari Forkopimda Sanggau, Perwakilan Dinas Porapar Kab. Sanggau, Ketua KONI, Pengkab Perbakin Sanggau dan Forkopimcam Kapuas.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Sukardi,S. Kom mengatakan bahwa dasar pelaksanaan turnamen atau kejuaraan menembak tersebut merupakan program kerja Pengkab Perbakin Sanggau Tahun 2021 dengan tujuan selain pengenalan olahraga menembak juga sebagai penjaringan atlit menembak di Kabupaten Sanggau.
“Para pecinta menembak harus kita himpun dan dibina, senapan angin bukan sekedar hanya digunakan untuk berburu saja melainkan lebih banyak digunakan pada ivent olahraga kejuaraan menembak, untuk itu guna menjaring atlit menembak maka perlunya diadakan kejuaraan atau turnamen menembak oleh Perbakin,” ungkap Sukardi.
Berikut kategori kelas yang dipertandingkan pada Turnamen Menembak, Sabang Merah Cup I kali ini ada 3 Kelas yaitu: 1. Kelas PCP dengan tiga posisi menembak (Tiarap, Jongkok dan Berdiri) jarak tembak 33 Meter sasarannya 15 Metal Siluet dan diikuti sebanyak 52 peserta, 2. Kelas Uklik Telescope dengan tiga posisi menembak (Tiarap, Jongkok dan Berdiri) jarak tembak 27 Meter sasarannya 15 Metal Siluet dan diikuti sebanyak 24 peserta, dan 3. Kelas Uklik Visir dengan tiga posisi menembak (Tiarap, Jongkok dan Berdiri) jarak tembak 17 Meter sasarannya 15 Metal Siluet dan diikuti sebanyak 31 peserta.
Wakil Ketua Perbakin Sanggau Drs. Alipius, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa turnamen ini sebagai ajang untuk menggali bakat dan potensi masyarakat dibidang olahraga menembak sehingga nantinya akan muncul atlit menembak di Kabupaten Sanggau dan tentu akan mewakili Sanggau pada iven olahraga menembak baik ditingkat Provinsi maupun Nasional bahkan Internasional.
“Olahraga menembak merupakan olahraga yang menggunakan senapan angin, untuk itu bagi peserta yang mengikuti lomba harus ikuti aturan yang ada dan cara menggunakan senapannya ataupun cara membawanya haruslah sesuai dengan ketentuan yang berlaku,”harapnya.
Ketua KONI Kabupaten Sanggau Drs. Ibrahim menyambut baik turnamen menembak yang diselenggarakan oleh Perbakin Sanggau, hal itu tentu sangat membantu KONI Kabupaten Sanggau dalam hal penjaringan atlit menembak yang mana nantinya dapat mewakili Sanggau pada turnamen menembak baik di tingkat Provinsi maupun Nasional terlebih dalam waktu dekat yakni Tahun 2022 akan ada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) jadi setiap Cabang Olahraga agar mempersiapkan atlitnya termasuklah Perbakin Sanggau.
“Sejauh ini ada 35 Cabang Olahraga (Cabor) yang sudah terdaftar di KONI Kabupaten Sanggau, Termasuk Cabang Olahraga Menembak. Untuk itu, kepada peserta yang mengikuti pertandingan Sabang Merah Cup I terus mengasah diri, semangat dan raihlah prestasi sehingga nanti dapat menjadi atlit Sanggau yang bisa mengharumkan nama Sanggau di kancah bergengsi di tempat lainnya,”harapnya.
Sekda Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, MM ketika membuka kegiatan turnamen menembak mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sanggau menyambut baik dan mensuport terselenggaranya turnamen kejuaraan menembak yang diselenggarakan oleh pengkab perbakin sanggau, semoga dengan terlaksananya turnamen tersebut akan terjalin silahturahmi dan komunikasi yang baik antar sesama pecinta olah raga menembak sekaligus sebagai ajang penjaringan bakat para peserta.
Sekda juga menjelaskan bahwa olahraga menembak merupakan cabang olahraga yang memerlukan kesinambungan kerja antara aksi dan reaksi dengan baik. dengan demikian, setiap penembak harus memiliki ketenangan, ketahanan dan pengontrolan diri. Selain itu, dalam ajang olahraga menembak ini, juga dilatih dan dituntut untuk dapat berkonsentrasi tinggi, mampu mengendalikan diri dan berani mengambil keputusan secara cepat dan tepat.
“Olahraga menembak merupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk di Sea Games, Asian Games, Olympiade, dan Olympic. Oleh karenanya kepada peserta menembak untuk selalu memiliki motivasi yang tinggi dan menorehkan prestasi gemilang, sehingga dapat mengikuti ajang-ajang bergengsi baik tingkat Lokal, Nasional maupun Internasional,”Harapnya.
Sekda berpesan dalam sebuah pertandingan olahraga, setiap peserta dituntut mengerahkan segenap kemampuannya dengan dilandasi jiwa sportivitas yang tinggi, ikuti peraturan pertandingan yang telah ditetapkan dan patuhi keputusan juri dan kepada para dewan juri, bertugaslah secara jujur, tegas dan objektif.

 

Kegiatan berlansung dengan baik dan lancar, ditutup oleh Wakil Ketua Perbakin Sanggau Drs. Alipius, M.Si adapun Pemenang Kelas PCP 33 Meter: Juara 1 Arman Waris Triadi, Juara 2 Wendy Krisandi dan Juara 3 Belli Doni. Pemenang Kelas Uklik Telescope 27 Meter: Juara 1 Albinus Is, Juara 2 Paino dan Juara 3 Akoe. Pemenang Kelas Uklik Visir 17 Meter: Juara 1 Petrus, Juara 2 Adrianus Tino dan Juara 3 Hermanto.

 521 Total dilihat

Bidang Sekretariat

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
  •